Tahukah Kamu? Architeuthis, Tidak Hanya Melegenda


 
         Percayakah kalian jika Architeuthis atau cumi-cumi raksasa itu ada? Apakah itu hanya sekadar mitos para pelaut? Jika benar ada, di manakah hewan itu bersembunyi?
            Sejak berabad-abad lamanya, orang sudah memperbincangkan keberadaan Architeuthis atau cumi-cumi raksasa. Meskipun sejumlah penemuan telah memberikan petunjuk, namun banyak orang yang tidak yakin jika makhluk ini benar-benar ada. Tidka heran jika mereka menganggap makhluk ini sekadar legenda.
            Sejumlah orang ternyata tertarik untuk melakukan perburuan maupun penelitian mengenai makhluk raksasa itu. Dan hasilnya tidak sia-sia, hewan ini dapat ditemukan di sejumlah tempat. Mereka biasa tinggal di kedalaman 200 hingga lebih dari 300 meter di bawah laut.




            Architeuthis alias cumi-cumi raksasa ini panjangnya dapat mencapai 17 meter, dihitung dari bagian ujung hingga tentakelnya! Ia memiliki delapan buah lengan dan dua tentakel. Lengan-lengan dan tentakel ini digunakan untuk memegang hewan buruannya. Hewan yang sudah ditangkap akan sulit untuk melarikan diri.
            Setelah tertangkap, Architeuthis memassukkan buruannya ke dalam mulutnya yang dilengkapi semacam paruh. Paruh inilah yang akan memotong-motong hewan buruan sebelum ditelan. Cumi-cumi jenis ini biasanya memakan hewan-hewan berukuran kecil yang hidup di laut.
            Tahukah kamu, bahwa hewan yang banyak ditemui di Perairan Antartika hingga Selandia Baru ini memiliki mata yang ukurannya sama dengan ukuran bola basket! Wah, bisa dibayangkan betapa besarnya makhluk ini. Dengan begini, ia dapat melihat mangsanya dengan lebih baik di dalam laut.
            Menurut perkiraan para peneliti, satu-satunya pemangsa cumi-cumi raksasa ini adalah paus. Hal ini didasarkan oleh sejumlah penemuan yang salah satunya adalah ditemukannya bagian dari tubuh cumi-cumi raksasa di dalam tubuh ikan paus.

0 komentar :

About Me

Foto saya
Prodi Ilmu Hukum Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Followers