Tahukah Kamu? Membaca Novel Mencerdaskan Otak!



Apakah kalian suka membaca novel? Jika memang iya, lanjutkan! Ternyata, membaca buku-buku novel dan cerita fiksi bisa  meningkatkan kemampuan otak! Dengan membaca cerita dan kisah fiksi, kinerja otak akan berkembang baik dan memudahkan otak untuk menyimpan dan mengingat informasi.  Ketika membaca novel atau cerita fiksi, pada hakikatnya kita sedang melatih kemampuan otak kanan. Otak kanan sangat berperan dalam kemampuan imajinasi, fantasi, dan kreatifitas.
Ketika membaca novel atau cerita fiksi, kita menggunakan imajinasi lebih sering dari biasanya. Kita akan membayangkan apa yang terjadi di dalamnya, baik yang dialami sang tokoh maupun latar dan peristiwa yang terjadi di dalamnya. Ketika dikisahkan seorang tokoh yang sedang menunggang seekor naga, misalnya, kita akan membayangkan hal yang sama. Hal ini sangat bagus untuk melatih imajinasi. Einstein pun pernah mengatakan bahwa imajinasi lebih penting daripada ilmu pengetahuan!
Dengan membaca novel, otak akan dilatih berpikir dan menebak-nebak apa yang akan terjadi. Alur cerita novel yang berliku-liku akan membuat otak terus berpikir—dalam bentuk petualangan otak yang lebih menarik dan seru. Semakin tenggelam dalam cerita, semakin baik imajinasi akan bekerja. Semakin detail kita menggambarkan latar dan peristiwa dari novel yang  dibaca, secara tidak sadar kita sedang membangun hubungan antara sel saraf otak yang satu dengan sel saraf otak lainnya. Hubungan antara sel saraf otak inilah yang nantinya menjadi modal untuk membentuk keseimbangan otak. Keberhasilan dalam menyeimbangkan otak kanan dan kiri adalah cikal bakal dari latihan membangun ingatan dan konsentrasi yang sempurna. 
Selain itu, dengan membaca novel, kita bisa belajar tentang kehidupan, bagaimana cara bersikap dan punya cara pandang baru mengenai hidup. Kita juga bisa menemukan kalimat-kalimat indah yang kuat dan memotivasi. Jadi, untuk kita yang sedang galau bisa kembali bersemangat dan termotivasi untuk bisa bangkit dari keterpurukan, seperti perjuangan pantang menyerah si tokoh dalam menghadapi masalah yang berat di dalam novel. Namun, jangan lupakan kewajiban kita untuk belajar ilmu pengetahuan, ya!

0 komentar :

About Me

Foto saya
Prodi Ilmu Hukum Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Followers