Cake? Yummy!


            Ngomong-ngomong soal birthday party, salah satu item yang nggak boleh ketinggalan adalah cake. Apalagi, sekarang ini begitu banyak kreasi cake yang begitu menarik dan menggoda. Mulai dari rasanya hingga hiasannya yang dapat disesuaikan dengan keinginan kita. Kita intip sejenak beberapa tempat di Inggris yang terkenal dengan cake-nya, yuk!
      1.  The Cake Store


Bisa dibilang inilah toko langganan para selebritis Inggris saat memesan kue ulang tahun, pernikahan atau perayaan lainnya. David Beckham, Ozzy Osbourn, Elton John, hingga Pangeran Charles hanyalah beberapa dari sekian banyak orang beken yang rutin memesan kue di toko yang terletak di 111 Sydenham Road, London SE26 5UA ini. Toko kue tradisional yang mengungkap resep warisan keluarga ini didirikan oleh Tom Slatter yang kemudian dilanjutkan usahanya oleh Sang Anak, Ken Slatter dan Tim Slatter.
                The Cake Store awalnya adalah toko roti sederhana di kawasan London Tengah yang populer pada tahun 1900-an dengan nama Slatter’s Bakery. Saat itu, toko kue Tom terkenal dengan bahan-bahannya yang berkualitas, rasanya yang enak dan kondisi roti yang selalu fresh. Bisnisnya sempat menurun pada tahun 90-an, karena itulah Ken dan Tim memikirkan ide-ide baru untuk mengembalikan kejayaan bisnis Sang Ayah. Ken yang bersekolah di National Bakery School pun mempunyai ide untuk mengembangkan bisnisnya dengan fokus membuat celebration cakes. Sedangkan Tim membantu untuk memasarkannya melalui web http://www.thecakestore.co.uk/ yang dibuatnya. Tahun 2001, mereka resmi mengubah tokonya menjadi The Cake Store.

Ini dia contoh-contoh cake yang dibuat:








                The Cake Store memiliki 17 kategori produk dengan jenis yang beragam. Ada cupcakes, birthday cakes, photo cakes, tiered cakes (cake dengan bentuk unik), hingga chocoholic (serba cokelat). Jika ingin memesan dengan desain sendiri atau mengubah bentuk kue yang ada dari katalog produk yang disediakan, wajib untuk memesan terlebih dahulu dan menjelaskan secara detail desain kue tersebut.

      2.  Georgetown Cupcakes


Namanya mungkin tidak familiar di telinga kita. Bagaimana dengan DC Cupcakes? *kayaknya aku tetep nggak tau*. Nah, toko cupcake inilah yang ada di reality show yang menayangkan aksi kakak-beradik Sophie Lamontagne dan Katherine Kallinis dalam mengelola toko cupcakes-nya. Toko pertama Georgetown Cupcakes didirikan pada Februari 2008 di Georgetown dan melanjutkan cabang di Bethesda, Washington DC. *Bethesda? Mengingatkanku pada rumah sakit* =___=a

  

  

               
                  Bisnis cupcake yang mereka tekuni ini awalnya terinspirasi dari Sang Nenek yang juga ahli membuat kue. Cupcakes buatan mereka memang terkenal enak. Karena menggunakan teknik memanggang yang tidak terlalu kering sehingga tekstur kuenya lembut dan frosting-nya pun tidak terlalu keras. Rasa enak ini seakan semakin sempurna dengan dekorasi cupcakes yang menarik. Tak heran jika Georgetown Cupcakes ini jadi salah satu tujuan wisatawan saat mereka berkunjung ke Washington DC.


                Jika kita berkesempatan berkunjung ke sana, jangan lupa untuk memesan cupcakes andalan mereka yaitu Red Velvet Cupcake dengan topping vanilla cream cheese. Cupcakes lainnya yang tak kalah menarik adalah Susan G. Komen, yaitu classic chocolate cake atau Madagascar Bourbon vanilla cake dengan frosting buttercream vanilla.


                Selain tiga menu andalan tadi, toko cupcakes ini juga menyediakan menu-menu special yang berbeda tiap harinya. Soal harga, ternyata nggak beda jauh dengan cupcakes yang sering kita beli di Indonesia, yaitu $2.75 (sekitar Rp 24.000-an) per buah. *tetep aja mahal* =___=v

       3.  Curbside Cupcakes




Curbside Cupcakes, bisnis cupcakes yang dimiliki oleh dua orang sahabat, Kristi Cunninghamdan dan Sam Whitfield ini melakukan inovasi dengan berjualan cupcakes keliling sejak November 2009. Ide cemerlang ini berawal dari pendapat Sam yang mengatakan bahwa, “Cupcakes itu harus datang kepada orang-orang dan bukan orang yang pergi mencari cupcakes.”


                Karena cara memasarkannya menggunakan mobil berwarna pink yang cantik, maka setiap pembeli harus mengetahui jadwal keliling mobil cupcakes ini, sekaligus tempat merapat dan menu yang ditawarkan setiap harinya.

                
                Biasanya mobil berwarna pink ini mulai berjalan di sekitar Washington DC, Arlington, dan Montgomery sekitar pukul 11.00 tiap harinya. Meskipun Curbside Cupcakes memiliki lebih dari 30 varian rasa, namun biasanya ketika berhenti di satu lokasi, mobil ini hanya membawa antara 6-8 rasa saja.
                Nah, untuk mengetahui kapan dan di mana mobil pink cantik ini menepi, disediakan fasilitas website, facebook dan twitter untuk menginformasikannya. Kalau masalah harganya, Curside Cupcakes ini mematok harga yang sama rata yaitu $3 (sekitar Rp 36.000-an) per buah.

      4.  Michelle Sugar art Limited


Kalau yang satu ini pasti bikin kita bangga, karena pemiliknya adalah orang Indonesia! Michelle Wibowo yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah ini membuka toko Michelle Sugar Art Limited di West Sussex, Inggris pada bulan Agustus 2007. Michelle yang sarjana Arsitektur dari Universitas Parahyangan Bandung ini memilih untuk mengambil jurusan Cake Decorating and Sugarcraft di National Bakery School, Southbank, London.


Lulus dari National Bakery School, pada tahun 2000-2005 Michelle terus mengembangkan kemampuannya dalam bidang cake decorating di beberapa toko kue di London. Setelah itu, ia rutin mengikuti sekaligus memenangkan berbagai cake competition. Berbagai penghargaan pun pernah diraihnya, seperti memperoleh dua medali emas pada kompetisi NEC Birmingham (November, 2006), medali emas pada acara Kue Internasional 2007, meraih kemenangan ganda (emas dan perak) dalam International Culinary Olympics 2008 serta Salon Culinaire Hospitality Show (Januari 2011).



Rancangan cake ala Michelle memang sangat unik dan tak biasa seperti toko kue pada umumnya. Ia pernah membuat kue berbentuk kepala bajak laut, goblin, Pangeran Willian dan Kate Middleton, dll. Bahkan pada tahun 2011, Michelle berhasil masuk dalam Guinnes World Record karena membuat kue ulang tahun berbentuk anjing terbesar di dunia seberat 68,45 kg!








Tak hanya bentuk yang unik, Michelle sangat mengutamakan rasa kue serta kualitas bahan-bahan yang digunakan, lho. Berminat memesan? Harganya berkisar antara £100-£500 (sekitar Rp 2 juta hingga Rp 10 juta). Kunjungi juga laman resminya di www.michellecakes.co.uk

2 komentar :

About Me

Foto saya
Prodi Ilmu Hukum Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Followers