Kamus Sisir


Hah? Kamus sisir? Apa itu? Hmm… Penasaran juga dengan deretan sisir berbagai bentuk dan kegunaan yang sering dipajang di toko-toko, bahkan sering kita lihat di salon. Apa sajakah jenis sisir yang dapat kita gunakan? Apa nama dan apa pula kegunaannya? Eits, tunggu dulu!
                Sisir banyak macamnya, tapi jenis sisir yang ada sebenarnya hanya dua, yaitu sisir bergigi yang sering disebut comb dan sisir berbentuk sikat atau brush. Comb berguna untuk melepaskan rambut kusut dan merapikannya. Sedangkan brush digunakan untuk merapikan, member volume serta men-stylish rambut setelah pemakaian comb. Ayo berkenalan dengan berbagai macam sisir dan kegunaannya:


1.  Styling Comb
Disebut juga fine-toothed comb, karena fungsinya untuk styling dan merapikan rambut bagi para pria atau membuat tatanan sleek ponytail bagi wanita.












2.  Tail Comb
Populer dengan sebutan sisir sasak. Bagian sisirnya dipakai untuk menciptakan sasakan atau volume. Sedangkan ujung lancipnya digunakan untuk meratakan hasil sasakan atau sebagai alat mengambil rambut untuk kepangan dan styling lainnya.











3. Pick Comb
Berbentuk seperti garpu, sisir jenis ini adalah sahabat bagi si rambut ikal, super keriting atau afro. Dipakai untuk melepaskan dan merapikan rambut kusut.















4. Wide-Toothed Comb
Dipakai saat rambut kering atau setengah basah untuk melepaskan rambut kusut. Sering digunakan untuk merapikan rambut rambut keriting atau bergelombang tanpa mengubah tatanan rambutnya.












5.  Teaser Comb
Sisir ini digunakan untuk “mengacak-acak” atau member sedikit volume tatanan rambut “kempes”. Sangat cocok untuk menata dan merapikan tatanan tekstur rambut wavy.












6. Half-Round Brush
Sering disebut classic styling brush. Selain ideal untuk merapikan rambut, sisir ini juga banyak digunakan untuk menciptakan efek tatanan ikal di bagian bawah rambut lurus dengan bantuan hair dryer.












7. Vent Brush
Sisir berlubang atau berventilasi pada bagian tengahnya, yang berguna untuk sirkulasi udara dan mempercepat proses pengeringan rambut dengan bantuan hair dryer. Sisir ini sekaligus memberi volume pada saat penge-blow-an. 


8. Round Brush
Sisir ini berbentuk bulat dan multifungsi karena bisa digunakan untuk meluruskan rambut keriting atau wavy, sekaligus membentuk ikal atau gelombang pada rambut lurus dengan bantuan hair dryer.


9. Paddle Brush
Sisir besar berbentuk kotak dengan bantalan sikat yang nyaman untuk memudahkan merapikan rambut berantakan yang tidak kusut. Cocok untuk meluruskan rambut panjang dan tanggung.


10. Boar Bristle Brush
Dijuluki sebagai grooming brush alias sisir sikat untuk merawat rambut, karena bulu sikatnya yang padat dan halus memberi volume dan memudahkan penyisiran rambut. Sisir ini juga berfungsi memperlancar peredaran darah pada kulit kepala.

0 komentar :

About Me

Foto saya
Prodi Ilmu Hukum Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Followers