Popular Post

Posted by : Aulia Nooraya Sabtu, 25 Agustus 2012


               Apakah perbedaan Harvest Moon: Friends of Mineral Town (FoMT) dengan Harvest Moon: More Friends of Mineral Town (MFoMT)? Jawabannya adalah: Tokoh utama dan bayi yang nantinya dilahirkan. Pada FoMT, tokoh utamanya adalah laki-laki dan bayi yang nantinya akan dilahirkan oleh istrinya adalah laki-laki. Sedangkan pada MoFoMT, tokoh utama adalah seorang perempuan dan bayi yang akan dilahirkannya adalah perempuan.
                Di sini, AuL (sebagai pemula dalam bermain HM:MFoMT) ingin berbagi tips mengenai Harvest Moon: More Friends of Mineral Town (MFoMT) GBA Version.

Tips Awal dan akhir Tahun:
1.       Ikuti games H. Goddess. Tebak dengan benar dan dapatkan hadiah sebagai berikut:
2 kali                      :    Herb grass
3-4 kali                  :    Buckwheat Flour
3-9 kali                  :    Rice Cake
10-14 kali              :    Relax Tea Leaves
15-19 kali              :    Sunblock
20-25 kali              :    Skin Lotion
26-29 kali              :    Facial Pack
30-39 kali              :    Perfume
40-49 kali             :    Dress
50-59 kali             :    Golden Lumber
60-69 kali             :    Fossil of Fish
70-79 kali              :    Pirate treasure
80-99 kali              :    Botol resep
100 kali                 :    Buku Guess if the number is small or large

2.       Lemparkan bunga ke danau air terjun di sebelah Hot Spring setiap harinya, jika H. Goddess telah memberimu Power Berry, jangan berhenti untuk memberikan bunga padanya. Suatu hari, pada saat Spring, ia akan memberimu Relaxation Tea Leaves. Pada saat Summer, Fall dan Winter, ia akan memberimu White Grass.









3.       Pada saat akhir tahun, ikuti event Year End Gathering dan Year End Festival di Rose Square pukul 10 AM. Pastikan kita telah memiliki Large Rucksack dan kosongkan isinya. Jika event tersebut telah usai, kita akan mendapatkan hadiah berupa Buckwheat Flour sebanyak sembilan buah (tergantung jenis Rucksack dan muatan yang tersedia). Begitu pula dengan event New Year. Kita akan mendapat hadiah berupa Rice Cakes sebanyak sembilan buah.

10 Tips:
     1.       "Berilah Manna bunga setiap harinya (batas waktu pukul 10.00 hingga 12.00 di Aja Winery) agar Aja (Manna’s daughter) kembali ke Mineral Town." Oke, sebenarnya tips ini tidak benar. Aja tidak akan pulang. Tips ini hanya membantu kita untuk lebih dekat dengan Manna.
     2.       Beri Won barang-barang tambang yang cukup berharga (Gold Ore, Mystrile, Adamantite) agar kita dapat menjual barang-barang (Golden Lumber, Fossil of Fish, Pirate Treasure & Van’s Favorite) padanya dengan harga tinggi.
        3.       Belilah Flour (50G) sebanyak 7 buah di Supermarket dan berikan pada Harvest Sprites yang tinggal di sebuah pondok di belakang Church, bertemanlah dengan mereka agar kita dapat meminta bantuan untuk menyiram tanaman di kebun, memanen hasil di kebun dan merawat sapi, domba serta ayam kita. Bahkan kita dapat bermain beberapa permainan menarik dengan mereka.


                                                                                       
        4.       Jika hati para Harvest Sprites telah meningkat sebanyak 3 buah, periksalah kotak surat pada saat Spring dan kau akan mendapat surat undangan minum teh. Bawalah surat itu pada mereka dan berikan pada salah satu Sprites, maka mereka akan mengajakmu untuk pesta minum teh (Harvest Sprite’s Tea Party). Setelah selesai, mereka akan memberimu sebuah Relaxation Tea Leaves.
        5.       Berilah Ellen (Elli’s Grandmother) sebuah wol setiap harinya, suatu saat kita akan dibuatkan sebuah Sock yang dapat digantungkan pada Sock Hooks. Setiap tanggal 25 Winter, kita akan mendapat hadiah Starry Night dari Thomas.
        6.       Jika kita telah memiliki Kitchen dan peralatan yang lengkap (terdiri dari 8 alat), bersahabatlah dengan Anna, Mary dan Basil, beri items yang mereka sukai. Kunjungi rumah Anna (di sebelah Perpustakaan) setiap Saturday (Sabtu) pukul 10.40 (harus tepat waktu!) Dan otomatis kita bisa ikut kelas memasak Anna (Dessert Class) setiap Saturday.
        7.       Bersahabatlah dengan Karen. Beri ia wine setiap harinya. Ketika ia memberimu wine, berikan wine tersebut pada Karen ketika ia berulang-tahun. 
        8.       ‘Banting’ anjing kita setiap hari. Belilah ayam, sapi dan domba. Pelihara dan rawatlah mereka!
—Untuk ayam, cukup beri makan dan ‘banting’ mereka setiap hari. Hati-hati terhadap tools seperti Hoe, Axe, Sickle dan Hammer. Jika ayam terkena tebasannya, mereka menjadi unhappy dan (kemungkinan besar) akan sakit pada keesokan harinya.
—Untuk sapi dan domba, beri makan, sapa dan sikat badannya setiap hari. Untuk sapi dewasa, perah susunya setiap hari, sedangkan domba hanya bisa dicukur seminggu sekali. Belilah Brush (800G), Milker (2.000G) dan Clipperl (1.800G) di tempat Saibara.
—Suatu hari, kita akan diberi seekor kuda oleh Barley, sapa dan sikat tubuhnya setiap hari. Jika cuaca cerah, biarkan anjing dan kuda kita berada di luar untuk meningkatkan hati mereka.
        9.       Bertemanlah dengan seluruh penduduk di Mineral Town dengan cara memberikan barang-barang yang disukai serta hadiah yang telah dibungkus dengan kertas kado di hari ulang tahun mereka. Cek Memo, di sana tertera Shipment, Fishing, dll. Lihat pada People. Kita harus menaikkan Pts hingga 1000 agar seluruh penduduk menyukai kita. Jika kita memberikan:
a.       Loves items (barang yang dicintai)                    : +9
b.      Likes items (barang yang disukai)                     : +3
c.       Neutral items (barang biasa)                             : +1
d.      Disliked items (barang yang tidak disukai)         : -3
e.      Hates items (barang yang dibenci)                     : -9
Note!: Jadi, berhati-hatilah untuk memberikan items pada seseorang. Berilah barang-barang yang mereka cintai. Meski Pts telah mencapai 1.000, jangan berhenti untuk memberi items dan menyapa penduduk Mineral Town.
        10.   Bagaimana dengan para calon pasangan kita?
Jika kita memberikan:
a.       Special favorite items (barang spesial)            : +800   
b.      Loves items (barang yang dicintai)                  : +500
c.       Likes items (barang yang disukai)                   : +300
d.      Neutral items (barang biasa)                           : +100
e.      Disliked items (barang yang tidak disukai)       : -500
f.        Hates items (barang yang dibenci)                   : -800
Hati calon pasangan kita:
1.       Black Heart               =         0 -  9,999 Points
2.       Purple Heart              = 10,000 - 19,999 Points
3.       Blue Heart                 = 20,000 - 29,999 Points
4.       Green Heart               = 30,000 - 39,999 Points
5.       Yellow Heart              = 40,000 - 49,999 Points
6.       Orange Heart              = 50,000 - 59,999 Points
7.       Red Heart                   = 60,000 - 65,535 Points
Note!: Batasan untuk menikah adalah di tahun ke-4! Di tahun ke-4 pula para calon pasangan akan menikah dengan rival kita:
1.       Ann—Cliff
2.       Elli—Doctor
3.       Karen—Rick
4.       Mary—Gray
5.       Popuri—Kai
Note!: Namun, jangan jadikan rival pasangan sebagai musuh. Jadikan mereka sahabat, dan kamu akan diundang di acara pesta pernikahan mereka.
>>>Terbayang bukan berapa usaha kita untuk meningkatkan point dan merubah hati mereka. Yang kita butuhkan adalah kesabaran dan ketelitian. ^^

Tips lainnya:
       1.       Bagaimana cara mendapatkan Blue Feather?
      Buatlah hati salah satu calon pasanganmu hingga berubah menjadi merah. Periksa kotak surat dan kamu akan mendapat kabar bahwa Blue Feather telah dijual di Supermarket (1.000G). Jangan beli dari Won karena mahal!
       2.       Bagaimana cara mendapatkan items seperti Kitchen, Big Bed, dan lainnya?
      Lihat televisi setiap Sabtu (Saturday), di mana acara TV Shopping akan menawarkan barang-barang yang harus kita beli. Pergilah menuju Doug’s Inn (Ann and Doug’s House) untuk menelepon (10G) dan pesanlah barang yang telah ditawarkan. Barang akan dikirim setelah 2-3 hari.
       3.       Bagaimana cara agar kita dapat menikah dengan calon pasangan yang kita inginkan?
      Beri calon pasangan kita dengan items yang sangat ia suka. Ikuti event sebanyak 4 kali yang akan   merubah hati calon pasangan. Belilah barang-barang yang ditawarkan TV Shopping setiap Sabtu (Saturday). Kumpulkan uang serta kayu untuk memperbesar rumah sebanyak 2 kali (pertama untuk mendapat Fireplace [Perapian] yang kedua mendapat kamar mandi pribadi). Bangun Farm (kandang ayam) dan Barn (kandang sapi dan domba).
       4.       Jika telah menikah, bagaimana cara mendapatkan bayi?
      Buatlah hati pasangan kita menjadi (dan tetap) 10 secara terus-menerus dengan cara memberikan items yang ia sukai. Secara otomatis, satu hingga dua bulan setelah menikah tokoh kita akan dibawa ke klinik dan mendapat kabar bahwa ia hamil. Dua bulan setelah kabar kehamilan, tokoh kita akan melahirkan seorang anak perempuan.
       5.       Bagaimana cara agar anak kita cepat besar?
        Anak memang lama untuk tumbuh besar. Saat masih bayi, ia tak bisa kita ajak bercakap-cakap. Saat ia mulai merangkak, ajak ia bercakap-cakap dan beri items yang ia sukai seperti ice cream, chocolate, cookies, chocolate cookies dan lainnya.

       6. Bagaimana cara menikah dengan Gourmet (Juri Cooking Festival)?
     Temui Gourmet setelah acara Cooking Festival di Taman Kota (tempat Cooking Festival diadakan). Bicaralah padanya, dan berikan beberapa Elli Leaves. Lakukan hal yang sama di tahun berikutnya, hingga Gourmet berkunjung ke rumahmu. Menangkan 1 dari 5 kategori lomba memasak pada Cooking Festival. Lengkapi pula 108 resep masakan.

Harvest Sprites:
- Aqua : Spring 26    : Flour, wine, pizza, bodigizer, bread, butter & honey
- Nappy : Winter 22  : Flour, wine, butler, honey, pizza & cake
- Hoggy : Fall 10      : Flour, Aksesoris, Omelete, Wine & Yarn
- Timid : Summer 16 : Flour, hot milk, Jam/selai, mix juice & wild grapes
- Chef : Fall 14        : Flour, Oil, hot milk, Jam/selai, mix juice & wild grapes
- Staid : Spring 15    : Flour, yarn, wine, honey, mix juice, strawberry, mix bread & cake
- Bold : Spring 4      : Flour, aksesoris, apple pie, bodigizer, bread, butter, cake, cookies, fruit juices, green grass, honey, hot milk, jam/selai, omelete, relaxation tea, strawberry milk, sweet potato, mix juices, pizza, wild grapes, wine & yarn

Harga-harga items.

Di Ladang dan Peternakanmu:
Turnip                   :   60G
Potato                   :   80G
Cucumber              :   60G
Strawberry             :   30G
Cabbage                : 250G
Tomato                 :   60G
Corn                      : 100G
Onion                    :   80G
Pumpkin                : 250G
Pineapple              : 500G
Eggplant               :   80G
Carrot                   : 120G
Sweet Potato         : 120G
Spinach                 :   80G
Green Pepper         :   40G
Egg                      :   50G
Spa-Boiled Egg      :   80G
Golden Egg           : 100G
Milk S                  : 100G
Milk M                  : 150G
Milk L                   : 200G
Mayonnaise S       : 100G
Mayonnaise M      : 150G
Mayonnaise L       : 200G
Cheese S             : 300G
Cheese M            : 400G
Cheese L             : 500G
Wool S                 : 100G
Wool M                : 400G
Wool L                  : 500G
Yarn S                   : 300G
Yarn M                  : 700G
Yarn L                  : 800G
Fish S                   :   50G
Fish M                  : 120G
Fish L                   : 200G
Di dekat: Pohon apple di tanah pertanian, gunung dan pantai:
Apple                    :   50G
Honey                   :   50G
Bamboo Shoot       :   50G
Wild Grape           :   50G
Mushroom            :   70G
Poisonous M.        : 100G
Truffle                  : 500G
Note!: Temukan Truffle saat Fall di taman belakang Church. Masuki Church dan masuk melalui pintu di pojok kanan. Bersahabatlah dengan Carter agar kita bisa memasuki taman tersebut.
Harga Grass berbeda-beda! ^^
Blue Grass           : 100G
Green Grass         : 100G
Red Grass            : 110G
Yellow Grass        : 120G
Orange Grass       : 100G
Purple Grass        : 120G
Indigo Grass        : 100G
Black Grass          :   10G
White Grass         : 150G
Items di Spring Mine dan Lake Mine:
Junk Ore               :     1G
Copper                  :   15G
Silver                    :   20G
Gold                     :   25G
Mystrile                :   40G
Orichalc                :   50G
Adamantite          :   50G
Amethyst             :   60G
Agate                   :   62G
Fluorite                :   65G
Peridot                 :   68G
Topaz                  :   70G
Ruby                   :   75G
Emerald               :   80G
Diamond              : 100G
Moon Stone          :   55G
Sand Rose            :   60G
Buy in Supermarket:
Bread                    : 100G
Rice Ball                : 100G
Curry Powder          : 100G
Flour                     :   50G
Oil                        :   50G
Chocolate              : 100G
Dumpling P.           : 100G

Seasonal Crops
(Benih->tunas->panen)

Spring
1.       Turnip                   : 2 hari (tunas)->2 hari (Panen). Total 4 hari. Hanya sekali panen.
2.       Potato                  : 3 hari (tunas)->4 hari (Panen). Total 7 hari. Hanya sekali panen.
3.       Cucumber             : 4 hari (tunas)->3 hari (berbunga)à2 hari (panen). Total 9 hari. Dapat dipanen berkali-kali. Setelah dipanen, kembali berbunga keesokan harinya.
4.       Strawberry           : 3 hari (tunas)->3 hari (muncul bakal buah)->2 hari (panen). Total 8 hari. Dapat dipanen berkali-kali. Setelah dipanen, muncul bakal buah keesokan harinya.
5.       Cabbage              : 4 hari (tunas)->5 hari (cabbage ukuran kecil)->5 hari (panen). Total 14 hari. Hanya sekali panen.
6.       Moon Drop F.       : 2 hari (tunas)->2 hari (tunas bunga)->2 hari (bunga mekar). Total 6 hari. Hanya sekali panen.
7.       Toy Flower          : 3 hari (benih)->3 hari (tunas)->3 hari (tunas bunga)->3 hari (berbunga). Total 12 hari. Hanya sekali panen.
Summer
1.       Tomato                : 2 hari (benih)->2 hari (tunas)->2 hari (muncul bakal buah)->3 hari (panen). Setelah dipanen, kembali ke muncul bakal buah. Dapat dipanen berkali-kali.
2.       Corn                      : 3 hari (benih)->4 hari (tunas)->4 hari (muncul bakal buah)->3 hari (panen). Total 14 hari. Setelah dipanen, kembali ke muncul bakal buah. Dapat dipanen berkali-kali.
3.       Pumpkin              : 4 hari (tunas)->5 hari (muncul bakal buah)->5 hari (panen). Total 14 hari. Hanya sekali panen.
4.       Pineapple            : 5 hari (tunas)->5 benih (tunas)->5 hari (muncul bakal buah)->5 hari (panen). Total 20 hari. Setelah dipanen, kembali ke muncul bakal buah. Dapat dipanen berkali-kali.
5.       Onion                  : 3 hari (tunas)->4 hari (panen). Total 7 hari. Hanya sekali panen.
6.       Pink Cat Flower     : 2 hari (benih)->2 hari (tunas)->2 hari (berbunga). Total 6 hari. Hanya sekali panen.
Fall
1.       Eggplant               : 3 hari (tunas)->3 hari (muncul bakal buah)->3 hari (panen). Total 9 hari. Setelah dipanen, kembali ke muncul bakal buah. Dapat dipanen berkali-kali.
2.       Sweet Potato        : 3 hari (berbunga)->2 hari (panen). Total 5 hari. Setelah dipanen, kembali ke berbunga. Dapat dipanen berkali-kali.
3.       Green Pepper        : 2 hari (benih)->1 hari (tunas)->2 hari (berbunga)->2 hari (panen). Total 7 hari. Setelah dipanen, kembali berbunga keesokan harinya. Dapat dipanen berkali-kali.
4.       Carrot                   : 3 hari (tunas)->4 hari (panen). Total 7 hari. Hanya sekali panen.
5.       Spinach                 : 2 hari (tunas)->3 hari (panen). Total 5 hari. Hanya sekali panen.
6.       Magic Red F.          : 3 hari (benih)->2 hari (tunas)->2 hari (tunas)->2 hari (berbunga). Total 9 hari. Hanya sekali panen.
Spring, Summer & Fall
Farm Grass               : 3 hari (benih)->4 hari (tunas)->4 hari (panen). Dapat dipanen berkali-kali.
Note!: Untuk Farm Grass, cukup siram benihnya hingga tumbuh tunas. Digunakan untuk makanan sapi dan domba. Tidak tumbuh saat Winter, namun terus tumbuh jika Winter berakhir.

Channel TV
       1.       Di Rumah
Up          : Weather Forecast (Ramalan Cuaca) (Harus disimak setiap harinya! Hati-hati terhadap badai, angin topan dan badai salju!)
Down    : Morning-Noon->Life On the Farm: ADVANCED (Big Sister) 
(Informasi yang diberikan cukup membantu dalam urusan pertanian)
              Noon-Midnight->Life On the Farm: BEGINNER (Big Brother) (Informasi yang diberikan cukup membantu dalam urusan pertanian)
Right      : News (Perlu disimak jika mendekati event tertentu)
Left        : Variety Programs
-          Monday->Fishing Hour (Jenis-jenis ikan yang dapat ditangkap di musim tertentu)
-          Tuesday->Dueling Chefs (Duel antara Chef A dan B, cukup membantu dalam urusan resep)
-          Wednesday->Aaron Changes (Kisah antara Aaron dan Erin yang tak sengaja bertukar tubuh)
-          Thursday->Star Lily, Bandit Girl (Kisah antara Star Lily Bandit Girl, Sally Detective Girl dan Miss Annie)
-          Friday->Mechabot Ultror (Kisah robot Ultror yang menumpas kejahatan) *saya nggak nyimak*
-          Saturday->TV Shooping/St. Emerald
-          Sunday->My Dear Princess
      2.       Di Cottage
      Kai’s Seaside Lodge (Kedai milik Kai)
1.       Water                :     0G
2.       Baked Corn         : 250G
3.       Spaghetti            : 300G
4.       Pizza                  : 200G
5.       Snow-cone          : 300G
      Akan ada event “Costumers for Kai” pada pukul 11 AM-1 PM.

Pumpkin Festival:
Jika anak-anak telah akrab denganmu, mereka akan datang ke rumahmu untuk meminta hadiah. Berikan Cookies (100G) yang dapat kau beli di Supermarket.
Kedatangan:
May: Pukul 6 AM
Stu: Pukul 9 AM
Popuri: Pukul 10 AM

Karena terlalu penuh, untuk resepnya, saya lanjutkan di tips part 2 di Harvest Moon More Friends of Mineral Town Part 2  
Bagi yang ingin bertanya, silahkan berkomentar~ :3

{ 42 komentar... read them below or Comment }

  1. makasih buat tips nya, kunjungi blog ku ya ronafahma.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Iya, sama-sama. :D Oke. ^^b
    Terima kasih sudah berkunjung. :3

    BalasHapus
  3. keren nih, makasih banyak ya tips nya

    BalasHapus
  4. weed itu yang bagaimana bentuknya ya?dan kaya gimana?

    BalasHapus
  5. @Candra: Kira-kira hingga anaknya bisa berjalan.
    @Nabila: Sama-sama. Masih perlu banyak perbaikan, nih. ^^a
    @Meilani: Weed=Rumput. Rumput liar warna hijau yang muncul dan tumbuh di pekarangan. Terima kasih sudah berkunjung. ^^

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  7. Bagaimana cara menikahi thomas? Apakah bisa?

    BalasHapus
  8. Tidak bisa. Hanya bisa menikahi Cliff, Dokter, Rick, Gray, Kai dan Gourmet. :)

    BalasHapus
  9. kaka,apa bisa rumahnya menjadi tingkat 2?

    BalasHapus
  10. kakak, kalu udah nikah terus punya anak nanti bisa cerai ga sama istrinya

    BalasHapus
  11. @Faqih Idris: Tidak bisa. Hanya bisa memiliki perapian dan kamar mandi. Ini tips Harvest Moon "More Friends of Mineral Town", jadi karakter utamanya adalah perempuan. Jika sudah menikah dan memiliki anak kemungkinan tidak bisa bercerai, kecuali Anda mengulang game dari awal...

    BalasHapus
  12. gan cara makan di harvest moon gimana cara nya??
    saya pencet dari F1 - CTRL g bisa"
    #plz blz

    BalasHapus
  13. Untuk makan tekan A dan X bersamaan.
    Untuk bersiul tekan A.
    Untuk menabur benih yang ada di dalam ransel tekan X.
    Untuk melihat Diary, Rucksack, World Map, Farm Map, Earnings, Memo, dan Tutorial tekan Enter.
    Untuk mengambil dan meletakkan sesuatu (anjing, batu, rumput, dll) tekan Z.
    Untuk berlari tekan S dan tombol arah.
    Untuk menggunakan cangkul, sabit, palu, alat perah, gunting pemotong, tekan X.

    Terima kasih atas komentar dan kunjungannya. Semoga membantu. ^^

    BalasHapus
  14. barang apa saja yang paling disukai calon pasangan tokoh kita?
    makasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  15. @Annisa Indira: Yup. Terima kasih untuk komentar dan kunjungannya. ^^
    @Lya Hania:
    Cliff: Curry rice, Chirashi sushi.
    Doctor: Milk, Apple, all grass.
    Gray: Branches (kayu), all ore (cari di tambang)
    Rick: Spa boiled egg (celupkan telur ke hot spring dekat air terjun)
    Kai: Pineapple
    Semoga membantu. :)

    BalasHapus
  16. kaka aku mau nannya klo harvest moon frien of mineral town versi cowo bisa jual golden lumber di won jga ga ?

    Klo bsa kira kira brpa lama kita ngasih gold ke won ? Pliz bls ya kk

    BalasHapus
  17. Tidak bisa. Hanya di Harvest Moon More Friends of Mineral Town kita bisa menjual golden lumber pada Won. Jika diumpamakan, golden lumber itu setara dengan flowers di Harvest Moon Friends of Mineral Town. Jadi tidak bisa dijual. That's annoying. :)
    Jangan letakkan golden lumber di pekarangan, ya. Akibatnya fatal. Semoga membantu. ^^

    BalasHapus
  18. kak, mau tanya nih,
    kalau aku udah dapetin blue heartnya cliff,
    tapi cliff biang mau ninggalin kota,
    gimana dong ?
    aku masih bisa nikah sama cliff ga ?
    tolong di bales ya,

    BalasHapus
  19. @Muhamad Binsar: Sama-sama. :)
    @Agnes Astari: Hmm...
    1. Cliff harus mendapatkan pekerjaan di The Winery (tahun pertama). Tanggal 14 Fall, Duke akan berkunjung ke rumahmu dan menanyakan apakah dirimu bisa membantunya memanen anggur esok hari. Terima pekerjaan tersebut dan pergilah ke gereja. Bicaralah pada Cliff, karena dia satu-satunya orang yang memerlukan pekerjaan tersebut.
    2. Belilah Rucksack ukuran lebih besar.
    3. Jika Cliff tidak segera mendapatkan pekerjaan, pergilah ke pantai tanggal 29 Winter. Ada Cliff dan Duke yang tengah berbincang-bincang. Dan saat itu pula Cliff akan pergi meninggalakan kota dan tak akan kembali. :(
    Usahakan hingga Cliff mendapatkan pekerjaan. Good luck! :)

    BalasHapus
  20. Di restaurant dan di tempat kai kan jual makanan tapi denger denger makanannya bisa di beli tanpa dimakan di tokonya itu gimana caranya ya ????

    BalasHapus
  21. Restaurant milik Doug (Ayah Ann) dan milik Kai? Tidak bisa. Makanan dan bumbu yang bisa dbeli tanpa-dan bisa dimakan di tempat hanya ada di supermarket. :o

    BalasHapus
  22. Kan saya sudah buat hati cliff jadi merah, tapi pas saya kasih blue feather k cliff dia ga mau. itu gimana ya?

    BalasHapus
  23. Ka, gimana ya cara kasih makanan ke baby ny di harvest moon more friend yg cewe itu ? Tlg di bntu ya :D thx

    BalasHapus
  24. @pce_21: Itu di tahun ke berapa? Jika di tahun keempat, kita tidak bisa menikah. Apakah rumah sudah di upgrade dua kali? Upgrade dan lengkapi segala item (termasuk big bed) untuk bisa menikah. Bagaimana dengan "Heart Events" Cliff? Apakah semuanya lengkap? Khusus untuk Cliff, ia tidak memberikan cincin.
    Berilah item-item yang ia suka hingga ia menerima Blue Feather-mu. Yang terpenting adalah heart events. :O

    @Natalia: Bayi akan tumbuh menjadi balita. Di saat itulah kita bisa memberi mereka hadiah seperti madu, ice cream, kue, dan lain-lain, tergantung apakah ia suka atau tidak. :)

    BalasHapus
  25. *Tambahan*
    @pce_21: Berilah hadiah dan item yang Cliff sukai selama seminggu setelah hati Cliff berubah menjadi merah! Cek heart events dan lengkapi perlengkapan untuk bisa menikah.
    Semoga berhasil! :D

    BalasHapus
  26. trims buat tipsnya ngebantu banget :)

    BalasHapus
  27. Gimana cara ngejual barang di won?

    BalasHapus
  28. Kenapa kuda yang saya love nya udah ada 5 kok belum ada buat tempat duduk nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kudanya akan tumbuh besar di Tahun ke-2..

      Hapus
  29. Apa barang yang cliff sukai? setiap hari aku ngasih cliff 5 buah cokelat, katanya itu like item's kalo favoritnya cliff apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Love Item's nya Cliff itu Curry Rice, kamu bisa bikin sendiri kalo kamu udah punya Kitchen.. :)

      Hapus
  30. kenapa yah, kalo kita beli golden lumber terus di taruh di taman milik kita, besoknya kita langsung di marahin sama semua orang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kamu taruh Golden Lumber di pekarangan, penduduk akan mengira kamu sombong.. Jadi sebaiknya jangan ditaruh sembarangan..

      Hapus
  31. di pake in cheat ajj gan biar simpel main nya,......

    BalasHapus
  32. Kak punya aku sudah menikah dengan Cliff dan juga sudah punya anak, kira2 anak tersebut bisa kita beri makan setelah berapa tahun kak ?

    Tolong balas ya kak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita bisa beri anak kita makan saat dia sudah mulai merangkak.. :)

      Hapus
  33. Makasi Tips nya,, Membantu banget nih ^^,
    sampai semua postingan beserta comment2 annya aku simak >.<

    BalasHapus

- Copyright © Aulia Nooraya - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -