Jahe, Sahabat Rambut.

                Ini hasil referensi kesehatan yang sudah lama terpendam dalam lappy-ku. Yah, meski bukan berbau anime, manga ataupun Jepang2an, kali ini AuL akan berbagi info mengenai si Jahe. :D



               Selain lidah buaya dan kelapa, salah satu jenis rempah-rempah yang satu ini banyak digunakan dan berguna untuk menjaga kesehatan rambut, lho. Jahe atau ginger (Zingiber officinale) adalah tanaman dengan daging akar berwarna kuning hingga kemerahan dan berbau menyengat. Jahe juga sering dijadikan bahan obat dan bahan untuk masakan, karena rasanya yang hangat, pedas dan memiliki wangi yang khas.

                Jahe pertama kali dibudidayakan di Asia Selatan, terutama di India dan menyebar luas ke Asia Tenggara, Afrika Timur, Caribia, Brazil hingga Eropa. Jahe kaya kana kandungan natural microelements dan nutrisi. Kandungan tersebut, antara lain adalah vitamin, phosphorus, potassium, magnesium, zat besi, dan zinc yang bagus untuk kesehatan rambutmu. Sehingga rambut tumbuh sehat, kuat, berkilau serta menyehatkan kulit kepala. Dapat pula mencegah rambut rontok, menghilangkan ketombe, dan mengatasi kerusakan rambut seperti rambut bercabang, mudah patah dan kusam. Di pasaran, produk perawatan rambut yang terbuat dari jahe sudah bisa kita temukan. Seperti shampoo, conditioner, ginger oil, dan ginger powder.


Produk perawatan homemade dapat kita buat sendiri. Bahan yang digunakan mudah didapat dan cepat.
Bahan: 1-2 buah jahe, air hangat.
Cara membuat:
 1. Pertama, kupas kulit jahe, cuci hingga bersih
 2. Potong-potong jahe dan masukkan ke dalam blender. Berilah sedikit air hangat dan blender hingga jahe berubah menjadi jus kasar.
 3. Oleskan jus jahe tersebut pada kulit kepala hingga ujung rambut. Pijat perlahan dan diamkan selama 5-10 menit.
 4. Bilas rambut hingga bersih, jangan menunggu hingga kering.
 5. Lanjutkan dengan pemakaian shampoo seperti biasa. Lakukan selama seminggu sekali, dan lihat perubahannya dalam waktu satu bulan.

Note: Nah, cara di atas dapat kita coba dan gunakan. Manfaat jahe begitu banyak, bukan? ^____^b

0 komentar :

About Me

Foto saya
Prodi Ilmu Hukum Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Followers