Bahaya Melepas Baterai Laptop


     Melepas baterai laptop saat di charge merupakan tindakan yang biasa kita lakukan. Kita beranggapan jika baterai laptop dilepas maka baterai akan baik-baik saja dan tidak cepat rusak.

      Memang baterai akan baik-baik saja dan awet, tetapi laptop akan menjadi cepat rusak. Mengapa begitu? Karena di dalam baterai laptop ada stabiliser tegangan yang menjaga kestabilan daya listrik yang masuk ke dalam laptop.

      Jadi, saat listrik naik atau turun, daya di laptop akan tetap sama. Apalagi kita tinggal di Indonesia yang terkenal dengan tegangan listrik naik-turunnya.

Akibat dari melepas baterai laptop saat men-charge yaitu :

1. Laptop cepat panas dan menjadi lambat.

2. Dapat merusak komponen laptop, terutama harddisk, layar, papan ketik dan beberapa rangkaian elektronik di dalam laptop seperti kapasitor.

3. Laptop sering hang karena daya listrik yang tidak stabil atau naik-turun.

4. Kerusakan pada bagian charger karena baterai laptop yang
digunakan sebagai pemutus daya setelah baterai penuh tidak ada.

5. Yang lebih parah, laptop bisa terbakar, meskipun hal ini jarang terjadi.

     Untuk itu, saya sarankan Anda untuk tidak melepas baterai pada laptop. Saya pernah mengalami hal ini karena terlalu sering melepas baterai laptop hingga berhari-hari, padahal laptop saya gunakan sepuluh hingga tiga belas jam per hari. Laptop sering hang, cepat panas dan lambat. Kita harus mengecek apakah baterai sudah 'full of charge', dan segeralah untuk melepas charger, agar baterai awet.

0 komentar :

About Me

Foto saya
Prodi Ilmu Hukum Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Followers